Catatan untuk berbagi

Minggu, 15 Maret 2015

Mengajar dan Mendidik Harus Menjadi Satu Kesatuan dalam Membentuk Karakter

Kita melihat potret generasi muda hari ini, banyak sekali terjadi  tawuran pelajar, narkoba dan prilaku menyimpang lainnya.

Siswa binaan yang kita didik baik disekolah atau pesantren adalah amanah yang Allah berikan kepada kita, sehingga seorang guru yang baik adalah guru yang memiliki kemampuan mengajar dan sekaligus mendidik. 
Jika yang dimiliki guru hanya kemampuan mengajar saja, berarti setelah materi pelajaran habis disampaikan, dievaluasi dan anak sudah faham, maka guru sudah merasa telah selesai tugasnya sebagai guru, tanpa memperhatikan sikap anak-anak didik bahkan sikap dirinya sebagai seorang guru.

Padahal sekolah atau pesantren yang ideal adalah lembaga pendidikan yang dijadiakan sebagai wadah selain mentrasfer ilmu juga memperbaiki dan membentuk karakter. Sementara karakter dibentuk tidak cukup dengan teori atau materi yang disampaikan saja, namun jauh dari itu harus adanya pembiasaan yang berkesinambungan, ketauladanan dari para guru, kejelasan karakter  yang akan dibangun, sistem dan kebijakan lembaga yang saling mendukung satu dengan lain dan peraturan yang konsisten ditegakkan.

0 komentar:

Posting Komentar